Minggu, 14 Juni 2009

LACTACYD® untuk Keseimbangan Ekosistem Vagina

Tuhan telah menciptakan suatu ekosistem dalam vagina dengan mekanisme pertahanan alami yakni hormon wanita (estrogen), pH (tingkat keasaman) dan flora normal vagina. Dimana pH vagina yang ideal berkisar antara 3,8 – 4,2. Jika kurang dari 3,8 maka akan tumbuh jamur, sedangkan di atas 4,2 akan tumbuh bakteri penyebab infeksi.

Pertahanan alami ini bisa terganggu oleh banyak hal. Faktor – faktor yang mengganggu pertahanan alami vagina antara lain konsumsi antibiotik, darah haid, semen (cairan sperma), douching (cairan pembersih), dan kebiasaan tidak sehat seperti malas mengganti pakaian dalam atau menggunakan pakaian yang terlalu ketat.

Pembersih vagina berupa antiseptik (iodine povidon, sirih, dll) hanya dapat digunakan dalam keadaan tertentu, yaitu apabila terjadi gatal atau infeksi. Namun tidak untuk menjaga kesehatan vagina sehari-hari. Hal ini karena antiseptik tidak hanya membunuh bakteri dan jamur patogen, tapi juga membunuh Lactobacillus (bakteri baik). Beberapa wanita menganggap, rasa kesat yang timbul karena penggunaan cairan antiseptik membuat vagina terasa bersih dan tidak berbau. Memang demikian, namun rasa kesat adalah tanda bahwa pH vagina naik, yang justru membuat vagina rentan terhadap infeksi. Alaminya, vagina memang tidak kesat dan aromanya khas. Biarkanlah seperti itu; jangan berusaha mengubahnya.

Salah satu cara menjaga pertahanan alami vagina adalah dengan menyeimbangkan mikroflora vagina, yakni dengan memelihara populasi Lactobacillus. Bakteri probiotik inilah yang menghasilkan asam laktat dan menjaga pH alami vagina, sehingga jamur maupun bakteri patogen tidak bisa berkembang biak. Ia juga secara langsung berkompetisi dengan jamur/bakteri patogen. Cairan pembasuh vagina yang mengandung V serum juga dapat membantu mempertahankan populasi Lactobacillus di vagina.

Lactacyd® dengan komposisi Vserum 900 mg dan asam laktat 1 gram, dapat digunakan sebagai pembersih bagian luar vagina sehari-hari maupun selama menstruasi, serta sebagai pendamping pengobatan saat vagina terasa gatal dan nyeri karena Lactacyd® tidak membunuh bakteri secara langsung, melainkan ’menyuplai’ zat aktif alami guna memberikan suasana kondusif bagi Lactobacillus. Dengan demikian, jumlah Lactobacillus dan asam laktat meningkat; sistem pertahanan melalui asam laktat dan kompetisi nutrisi oleh Lactobacillus tercapai, pH vagina pun terjaga.

Pembersih kewanitaan Lactacyd terbagi 2; yaitu Lactacyd Woman untuk wanita dewasa dan Lactacyd Teen untuk remaja putri yang aktif. Karena kami sadar bahwa kesehatan daerah kewanitaan harus diperlihara sejak dini, dan di saat remaja putri mulai mendapat menstruasi terjadilah perubahan hormon yang kadang menyebabkan gangguan pada keseimbangan ekosistem alami nona V.

Lactacyd Teen tersedia dalam 2 variant; Charm dan Bloom dengan ukuran 50ml sementara Lactacyd Woman tersedia dalam 3 ukuran yaitu 60ml, 150ml dan 250ml.
Temukan Lactacyd di Hypermarket, SM, MM, dan apotik – apotik di kota anda, pakai dengan cara membasahi vulva (areal V), menuang +5 mL Lactacyd® di telapak tangan, dan gosokkan di vulva. Diamkan sekitar 30 detik, lalu bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk. Ekosistem seimbang, vagina pun nyaman. (nid)

sumber : perempuan.com

0 komentar: