Minggu, 14 Juni 2009

10 Tips Hindari Kehilangan Daya Lihat (Part 2)

6. Ketahui sejarah keluarga anda
Banyak penyakit mata berkumpul dalam keluarga, jadi mengetahui sejarah keluarga anda dari penyakir mata dan mendiskusikannya dengan dokter mata anda dapat mengurangi risiko kehilangan daya lihat dan kondisi mata lainnya.

7. Penanganan lebih awal
Penyakit mata yang berhubungan dengan usia, termasuk katarak, diabetic retinopathy, glukoma dan Degenerasi Makula diperkirakan meningkat dari 28 juta sampai 43 juta sebelum tahun 2020. Kondisi mata yang lebih serius, seperti glukoma dan Degenerasi Makula, lebih mudah dan berhasil ditangani jika didiagnosa dan dirawat lebih awal. Dibiarkan begitu saja, penyakit tersebut dapat menyebabkan kehilangan daya lihat dan kebutaan yang serius. Berapapun usia anda, penanganan lebih awal sekarang akan mencegah kehilangan daya lihat nantinya.

8. Ketahui penyedia layanan kesehatan mata anda
Ketika anda melakukan pemeriksaan mata, terdapat berbagai macam penyedia layanan kesehatan mata yang mungkin anda temui. Dokter mata, ahli pemeriksa mata, dan ahli kacamata semua memiliki peran penting dalam menyediakan layanan pemeriksaan mata kepada konsumen. Akan tetapi, masing-masing memiliki pelatihan dan keahlian yang berbeda. Pastikan anda menemui penyedia layanan yang tepat bagi kondisi dan perawatan anda. Dokter mata terlatih secara khusus untuk memberikan pemeriksaan mata secara lengkap, dari memberikan resep kacamata dan kontak lens sampai pembedahan mata yang kompleks dan ringan.

9. Ikuti instruksi Dokter mata anda untuk penggunaan kontak lens
Ikuti instruksi penyedia layanan kesehatan mata anda terkait dengan perawatan dan penggunaan kontak lens anda. Penyalahgunaan, seperti tidur dengan menggunakan kontak lens yang tidak digunakan untuk pemakaian malam hari, menggunakan air liur atau air sebagai larutan pembasah, menggunakan larutan yang kadaluarsa, dan menggunakan kontak lens disposable diluar anjuran penggunaan dapat menimbulkan luka pada kornea, sakit yang parah dan bahkan kehilangan daya lihat.

10. Sadari kelelahan mata
Jika mata anda lelah bekerja di depan komputer atau mengerjakan pekerjaan dengan jarak pandang dekat, anda bisa mengikuti aturan 20-20-20: Alihkan pandangan anda dari pekerjaan setiap 20 menit pada suatu benda berjarak 20 kaki selama 20 detik. Jika kelelahan mata
tetao berlangsung, itu bisa jadi tanda adanya beberapa kondisi yang berbeda, seperti sindrom mata kering, presbiopi, katamata dengan kontak lens yang tidak dipasang dengan sempurna. Temui seorang dokter mata untuk mendapatkan penjelasan kenapa anda mengalami kelelahan mata dan untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

sumber : perempuan.com

0 komentar: