Minggu, 14 Juni 2009

Olahraga Mengurangi Risiko Kanker

Setelah usia 30 tahun, olahraga selama lebih dari satu jam seminggu dapt membantu memangkas peluang perempuan terkena kanker payudara, menurut penelitian yang dipresentasikan di pertemuan tahunan American College of Sports Medicine di Seattle.

Dalam penelitian tersebut, Lisa Sprod dari Universitas Northern Colorado di Greeley dan rekan-rekannya meminta 4296 perempuan untuk mengingat lagi tingkat aktivitas fisik mereka selama 4 tingkat kunci kehidupan: 10 sampai 15 tahun, 15 sampai 30 tahun, dan 50 tahun ke atas.

Keganjilan terbentuknya kanker tidak terlihat berubah dalam hubungannya dengan tingkat olehraga di usia 10 dan 30 tahun, tapi perempuan yang berusia di atas 30 tahun secara siginifikan menghentikan peluang mereka terkena kanker payudara jika mereka lebih aktif, menurut penemuan para peneliti.

"Jumlah rata-rata olahraga dipastikan adalah 60 menit setiap minggu," kata Dr. Sprod seperti yang dikutip Reuters, "jadi orang yang berolahraga kurang dari 60 menit itu dibawah rata-rata, di atas 60 menit itu di atas rata-rata, dan siapapun yang merasa 'highly competitive' memilih kategori itu."

Lebih sedikit perempuan yang diklasifikasikan sebagai "highly competitive" antara usia 30 dan 50 tahun terkena kanker payudara, dibandingkan dengan mereka yang kurang aktif secara fisik.

Sebaliknya, lebih sedikit perempuan yang mengklasifikasikan diri mereka sebagai highly competitive di usia 50 tahun atau lebih tua terkena kanker payudara ketika dibandingkan dengan perempuan yang berolahraga kurang dari 60 menit setiap minggu.

"Singkatnya," Dr. Sprod mengatakan, "pesan yang dapat diambil adalah mengakumulasi kegiatan fisik yang lebih banyak setelah usia 30 tahun memiliki peranan dalam mengurangi risiko terbentuknya kanker payudara."

sumber : perempuan.com

0 komentar: